TALKSHOW BERSAMA DUTA BACA INDONESIA NAJWA SHIHAB DAN DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP PROVINSI SUMATERA UTARA

Jumat, 15 Maret 2019 bertempat di Gedung Hotel Grand Antares Lantai 2, Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan, Universitas Quality menerima undangan untuk pustakawan dan mahasiswa Universitas quality mengikuti kegiatan Talkshow yang diadakan Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara bersama Duta Baca Indonesia Dalam Rangka Meningkatkan Kegemaran Membaca Masyarakat dengan tema “Langkah Cerdas Generasi Milenial Di Era Digital Terhadap Informasi Dan Berita Hoax”. Mahasiswa Universitas Quality yang dihadirkan dalam acara ini adalah mahasiswa yang terpilih sebagai pengunjung aktif di Perpustakaan Universitas Quality Periode Bulan Februari 2019. Tujuannya adalah sebagai bentuk promosi bagi perpustakaan dengan melibatkan langsung mahasiswa yang terpilih dalam kegiatan seminar yang berkaitan dengan kegiatan perpustakaan.

Kegiatan ini dihadiri oleh pustakawan, tenaga perpustakaan, pegiat literasi, siswa SMA sederajat dan mahasiswa universitas yang berasal dari Kota Medan dan beberapa kabupaten di Provinsi Sumatera Utara seperti Labuhanbatu, Asahan, Langkat dan Serdang Bedagai.

Acara ini dibuka oleh Bapak Ferlin H Nainggolan, SH selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara yang mewakili Gubernur Sumatera Utara yang berhalangan hadir, setelah membuka acara beliau juga memperkenalkan Duta Baca Provinsi Sumaetra Utara yang terpilih pada Bulan Desember 2018 yaitu Saudari Eka Evriza, S.Sos, MIKom yang sehari-harinya menjadi dosen di Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara.

Melalui kata sambutannya, Bapak Drs. Deni Kurniadi, M. Hum, selaku Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pemasyarakatan Minat Baca (P3MB)  PERPUSNAS menyampaikan bahwa pentingnya untuk meningkatkan daya minat baca pada masyarakat dapat berasal dari pengaruh keluarga, pendidikan dan lingkungan. Tujuan dipilihnya public figure untuk menjadi duta baca adalah agar lebih menarik masyarakat dalam memahami pentingnya minat baca karena berdasarkan data statistic pengukuran minat baca Indonesia tingkat dunia tahun 2017 berada pada tingkat 60 dari 61 negara. Namun tahun 2019, Bapak Drs. Deni Kurniadi, M. Hum menyakinkan bahwa peringkat Indonesia telah mengalami kenaikan menjadi berada diperingkat 30 dari 72 negara.

Najwa Shihab selaku Duta Baca Indonesia menyampaikan pesan bahwa sebagai generasi milenial hendaknya harus cerdas dalam memilih media dan konten yang harus dibaca dan tidak seharusnya terlibat dalam penyebaran berita hoax. Pilihlah berita yang berasal dari sumber terpercaya terutama dari buku dan surat kabar yang telah memiliki nama. Bukan berita yang berasal dari blog pribadi yang belum tentu kebenarannya.

 

Bagi pustakawan, sedapat mungkin menciptakan kemauan civitas akademika di instansi yang menaunginya untuk membaca dan meminjam buku di perpustakaan. Menyediakan fasilitas yang dapat menciptakan perasaan nyaman bagi pengguna dan menerapkan prinsip “SATU HARI SATU BUKU”.

Acara ini ditutup dengan sesi tanya jawab yang dipandu  oleh moderator acara. Sesi pertama diberikan kepada 5 (lima) peserta dan sesi kedua diberikan kepada 3 (tiga) peserta dan diakhiri dengan sesi foto bersama narasumber yaitu Bapak Ferlin H Nainggolan, SH, Bapak Drs. Deni Kurniadi, M. Hum dan Ibu Najwa Shihab selaku Duta Baca Indonesia.